Cheap NHL Jerseys Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil | Sobat Herbal

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil Dengan Cara Alami

Daiabetes, penyakit yang bersumber pada rusaknya sel pankreas, mengharuskan penderitanya untuk mencari Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil. Mengontrol tingkat gula darah umumnya sama seperti mengamati berat badan. Pola makan yang buruk, stress, kurang olahraga dan kelebihan berat badan dapat menjadi faktor utama timbulnya gangguan kadar gula darah. Dan pada kesempatan kali ini sobatherbal.com akan memberikan sedikit tips cara menstabilkan kadar gula darah.

betesPenyakit diabetes meiltus adalah penyakit metabolisme. Penderita diabetes umumnya metabolismenya tidak jalan sehingga akhirnya menumpuk di tubuh. Akibatnya kerja pankreas menjadi berat dan tidak lagi berfungsi. Kadar gula darah yang normal saat pengecekan puasa atau sebelum makan adalah 80-100 mg/dl. Sementara untuk pengecekan 2 jam setelah makan idealnya 80-140 mg/dl. Jadi, seseorang dikatakan menderita diabetes jika gula darah puasanya 126 mg/dl dan kadar gula darah dua jam setelah makan di atas 200 mg/dl.

Jika sudah terkena diabetes, dunia kedokteran menyebutkan penyakit tersebut akan diderita seumur hidup. Berkaitan dengan kadar gula darah yang tinggi, maka penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darahnya agak stabil. Maka dalam pengobatan kedokteran seseorang harus minum obat dan suntik insulin secara terus-menerus. Pasalnya, pada penderita diabetes organ pankreas tidak bekerja dengan baik sehingga tidak bisa memproduksi insulin sendiri.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

yhPenyakit diabetes saat ini tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, anak-anak kecil pun bisa menderita diabetes. Mengulas sedikit tentang diabetes, ada banyak informasi yang kita bisa peroleh baik itu melalui media masa cetak atau media elektronik mengenai diabetes. Diabetes terdiri atas dua jenis yaitu diabetes yang tergantung pada insulin dan yang tidak tergantung pada insulin.

Untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah, satu-satunya cara adalah menormalkan kembali fungsi pankreas agar dapat memproduksi insulin yang memadai. Insulin akan membuat glukosa yang ada dalam darah dapat terserap menjadi energi. Hormon Insulin juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga kadar glukosa yang terbawa dalam aliran darah tidak jauh dari batas normal. Selain itu, keseimbangan sistem hormon pada tubuh juga harus diperbaiki agar glukosa dapat menempel pada dinding sel dan diubah menjadi sumber energi tubuh. Berikut kami rangkum Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil secara alami.

  • Memeriksa kesehatan secara rutin. Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, mengalami kelebihan berat badan atau memiliki kecenderungan glukosa darah yang berfluktuasi, sebaiknya periksa gula darah setiap 6 bulan. Ini akan akan membantu memonitor kadar gula darah Anda dan mengambil langkah-langkah yang tepat, dengan pola makan sehat serta olahraga.
  • Mengelola berat badan. Menjaga berat badan yang optimal, sangat kondusif bagi kesehatan. Jika Anda kelebihan berat badan, hindari makanan berkalori tinggi seperti kue, permen, kripik. Sebaliknya, konsumsi makanan kecil yang sehat di antara waktu makan, seperti wortel, mentimun, yogurt rendah lemak, salad hijau dan buah-buahan. Kurangi minuman soda ganti dengan air atau teh hijau.
  • Rutin berolahraga. Latihan berperan penting dalam mendukung konversi alami glukosa menjadi energi dalam tubuh sehingga menjadi lebih aktif. Pilih tangga daripada lift atau eskalator, jogging di rumah sambil nonton TV atau jalan cepat 30 menit sedikitnya lima kali seminggu dapat membantu menjaga sirkulasi darah tetap baik.
  • Cukupi asupan nutrisi. Nutrisi berpengaruh besar terhadap kadar gula darah. Pertama, mulailah makan lebih sering 5-6x sehari dengan 3x makan utama diselingi 2-3x snack di antara waktu makan, pola makan ini akan menjaga kestabilan gula darah. Lalu makanlah berbagai makanan berwarna (Hijau, merah, oranye terang dan ungu), setiap warna makanan memiliki gizi yang baik berbeda. Makanlah gandum dan olahannya, seperti beras merah, sereal dan roti gandum yang tinggi serat sehingga menjaga kadar gula tetap sehat.

Untuk anda yang sedang menderita penyakit diabetes tidak perlu berkecil hati dan tidak perlu bingung mencari makanan. Sebanarnya penderita diabetes boleh makan apa pun, hanya saja kita sendiri yang harus pintar dalam memilih makanan dan makanlah dengan porsi yang cukup agar kadar gula darah terjaga dengan baik. Nah, di bawah ini telah kami rangkum beberapa makanan yang baik di konsumsi oleh penderita diabetes.

  • Buah. Salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi penderita diabetes adalah buah-buahan segar seperti apel, pir, buah, pepaya, buah persik. Buah-buahan seperti ini mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat.
  • Roti gandum. Penderita diabetes harus menghindari konsumsi roti putih dan menggantinya dengan roti gandum.
  • Kacang. Beberapa almond, dan kenari dapat dikonsumsi sehari-hari oleh mereka yang menderita diabetes.
  • Bayam. Kandungan lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Bayam termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja.
  • Minyak Zaitun. Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar “lippoprotein” LDL pada tubuh. Low Density Lippprotein menyebabkan kegemukan dan termasuk lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh. Kegemukan akibat penimbunan lemak jahat ditambah jarang berolah raga akan meningkatkan risiko terkena diabetes.
  • Bawang Putih. Fungsi bawang putih bagi tubuh adalah makanan rendah kolesterol jahat. Penyakit kolesterol dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes. Kandungan protein, vitamin A, B-1 pada bawang putih berfungsi sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah.
  • Beras merah. Beras merah sudah dikenal sebagai makanan untuk penderita diabetes, yang akan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dibanding beras putih. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah.
  • Oatmeal. Kandungan gula pada oatmeal tidak sama dengan kandungan gula yang terdapat pada nasi, walaupun jenisnya adalah makanan penghasil karbohidrat. Saat mengkonsumsi oatmeal, disarankan tidak menambahkan lagi gula di dalam oatmeal Anda.

Itulah sekilas pembahasan mengenai cara menstabilkan kadar gula darah tinggi secara alami. Untuk anda yang menderita penyakit diabetes/ penyakit gula tidak usah khawatir dan tidak usah berkecil hati, dengan menjaga pola makan dan hidup sehat penyakit diabetes yang anda derita akan musnah.

By : Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 Wholesale Jerseys